UPFOS - Blog - Branding

4 Cara Membangun Branding Menarik Agar Mudah Di ingat Customer

Dengan meningkatnya persaingan lokal terutama internasional dalam sebuah bisnis, kamu sebagai pemilik usaha harus bisa membuat tokomu unik dan bisa memberikan nilai berbeda dibanding para pesaingmu.  

Dunia teknologi dan digital semakin berkembang inovatif setiap harinya, branding dapat membantu menarik perhatian pembeli dan menciptakan pengalaman berbelanja yang personal.

Branding dapat membantu meningkatkan penjualan dimana ketika customer sudah menemukan nilai unik dari brand yang kamu bangun, customer tetap akan berbelanja di tokomu walaupun harga yang kamu tawarkan jauh lebih mahal dibandingkan pesaing.

Apa itu branding?

Branding adalah sebuah proses memberikan arti dan untuk organisasi / perusahaan /  produk / jasa yang ditawarkan di kepala customer agar mudah dikenali dan mudah diingat. Branding bisa menjadi bagian dari value yang ingin anda berikan kepada customer.

Kenapa branding itu penting?

Branding merupakan salah satu strategi yang akan menentukan bagaimana customer melihat dan mengenali produk atau jasa yang akan kamu tawarkan.

First impression yang akan customer tangkap ketika melihat cara kamu menawarkan sebuah produk atau jasa dapat menjadi faktor penting apakah calon pembeli dapat mempercayai tokomu. Apalagi kalau tokomu menjual produk atau jasa yang dapat dibilang mahal dan customer butuh mempertimbangkan 2 kali lebih matang daripada membeli barang untuk kebutuhan sehari-hari.

Semakin bagus branding yang kamu bangun, maka kemungkinan barang atau jasa yang kamu berikan dapat dihargai semakin mahal. Tentunya harus diingat, ketika branding sudah bagus, kamu juga harus mempersiapkan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan dari segala aspek.

Berdasarkan data dari salesforce, 85% customer akan melakukan research sebelum mereka memutuskan untuk berbelanja online. Sebagian dari media yang digunakan 74% adalah website dan 38% social media.

Kehadiran digital dari branding justru memberikan peluang baru dan cara komunikasi yang lebih menarik dengan customer. Mulai dari tampilan seperti desain logo, visual produk, packaging, strategi yang digunakan, hingga ke bagaimana cara menyampaikan pesan yang sudah dikemas dalam sebuah cerita.

 

Media Sosial

Perkembangan social media yang tadinya hanya digunakan untuk berinteraksi, sekarang sudah beralih sekaligus sebagai wadah bisnis online dengan menyediakan berbagai fitur inovatif. Kenapa social media? Karena pengguna internet terbesar datang dari social media. Sudah sangat lumrah ketika salah satu customermu akan bertanya misalnya “apa ada website atau social media?”

Karena customer pun juga memanfaatkan social media sebagai ranah untuk mencari tau seperti apa produk atau jasa yang kamu tawarkan. Maka dari itu, jangan takut untuk memanfaatkan platform-platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya sebagai bagian dari membangun branding. Selain itu, kamu tidak perlu menyediakan biaya untuk mulai membuat akun di media social.

 

Content Marketing

Pertahankan konten yang menarik untuk dapat menarik serta mempertahankan perhatian pembeli agar terus teringat dengan tokomu. Konten-konten yang dapat kamu sajikan bisa berupa konten interaktif seperti games, quiz, atau membahas topik seputar bidang yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu jual.

 

Webinar

Lakukan webinar rutin bisa sebulan sekali dengan berkolaborasi dengan tokoh atau influencer yang dapat membantu meningkatkan awareness terhadap brand milikmu. Selain itu, audiens mu juga akan menjadi senang karena bisa mendapatkan value tersendiri, bukan hanya sekedar berbelanja saja di tokomu.

 

Iklan

Selain cara di atas yang sudah disebutkan, kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar yang tersedia di berbagai platform online agar kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan traffic ke toko milikmu. Dalam iklan ini, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat campaign marketing agar dapat menarik perhatian calon pembeli yang potensial.

 

Kamu punya pendapat lain? Share yuk di komen!

 

Mulai dari mana? Daftarkan saja tokomu dulu GRATIS di  go.upfos.com

Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko di sini.  

Upfos Indonesia

Landmark Pluit, Tower B2, 8th floor
Jl. Pluit Selatan Raya no. 2, Jakarta Utara
Indonesia 14450

WhatsApp: +62 815-1188-8881
Email: info@upfos.co.id

Resources

Copyright © UPFOS 2022.