5 Langkah Terbaik Menulis Deskripsi Produk di Marketplace

Saat membuka toko di marketplace, banyak hal yang perlu seller lakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu hal sering dianggap kurang penting namun dapat memberikan dampak yang cukup besar adalah deskripsi produk. 

Semakin lengkap dan menarik deskripsi produk, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat menulis deskripsi produk.  

Memiliki kolom deskripsi yang jelas akan menjawab pertanyaan serta memberikan solusi bagi konsumen. Hal ini juga akan menambah kredibilitas toko dan adanya informasi ini tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan minat konsumen untuk check out barang dari tokomu di marketplace. 

Lalu, bagaimana langkah terbaik untuk menulis deskripsi produk? Artikel UPFOS kali ini akan berikan informasi lengkap berkaitan dengan deskripsi produk sampai dengan tips  membuat produk yang MENARIK! 

5 hal yang perlu diperhatikan saat menulis deskripsi produk 

Informasi Produk 

Deskripsi produk harus dapat memberikan informasi lengkap berkaitan dengan produk yang dijual. Contohnya seperti spesifikasi produk; 

  • Warna 
  • Jenis 
  • Ukuran 
  • Kelebihan produk 
  • Jumlah kuantiti 
  • Cara menggunakan produk 
  • Kelebihan dan manfaat produk 

Kamu juga perlu menekankan setiap kelebihan dan manfaat produkmu.  

Sebagai contoh, kamu menjual makeup atau produk kecantikan. Maka, cara untuk membuat deskripsi produk yang menarik adalah dengan mengatakan bahwa produk tersebut memiliki warna yang unik dan waterproof. 

Hal ini akan membuat pelanggan lebih memilih produkmu dibandingkan toko lainnya. 

Pilih kata-kata yang menarik dan mudah dimengerti 

Terkadang kata-kata yang terlihat keren, tapi malah sulit dimengerti oleh pembacanya.  Menurut David Ogilvy seperti dikutip Buffer, ada 20 kata yang paling berpengaruh bagi orang lain. Usahakan memilih kosakata yang menarik untuk menggugah hati calon pembeli.  

Hindari mencampur kata-kata dengan dua bahasa berbeda seperti bahasa indonesia dan inggris kecuali penggunaan bahasa inggris sebagai judul atau istilah. Jangan lupa memeriksa ulang deskripsi produk supaya customer mudah untuk mengerti tanpa perlu membaca ulang.  

Gunakan poin atau nomor 

Kurangi penggunaan paragaf yang panjang, tetapi gunakan poin atau nomor agar konten menjadi lebih singkat tapi jelas terutama untuk produk yang memiliki spesifikasi yang cukup kompleks seperti barang elektronik.  

Customer jadi lebih mudah membaca deskripsi produk karena cepat dan detail. Penerapan cara menulis seperti ini biasanya cukup berhasil menjaring pembeli.  

Jumlah Karakter Deskripsi 

Disarankan untuk menjelaskan produk dengan jumlah 300 karakter. Manfaatkan jumlah karakter ini untuk menuliskan fitur, spesifikasi, dan ciri-ciri produkmu. 

Semakin jelas kamu menjelaskan produkmu di kolom deskripsi, maka konsumen akan semakin punya gambaran tentang kualitas dan manfaat yang ditawarkan oleh produkmu. 

Kenali Target Konsumen 

Penting untuk memahami siapa yang akan menjadi pembaca konten yang akan kamu suguhkan walaupun ini hanya deskripsi produk. Karena karakter pembaca setiap orang berbeda-beda dari berbagai golongan baik itu anak muda, orangtua, perempuan, atau laki-laki. Bagaimana lifestyle atau interest mereka? Konten seperti apa yang biasanya mereka baca dan sukai? 

Semua tergantung pada produk yang kamu tawarkan dan cocok ke kalangan yang seperti apa. Gaya bahasa, humor, dan penggunaan diksi harus disesuaikan agar bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. 

 

Buat Deskripsi Produk Sekaligus di Semua Toko Marketplace 

Kamu sudah mengetahui bagaimana menulis deskripsi produk dan rahasia mudah membuatnya untuk meningkatkan performa jualanmu. Sekarang, tinggal unggah produk ke marketplace. 

Tapi… bingung kalau harus upload satu persatu? Sekarang tidak perlu khawatir karena sudah ada UPFOS! 

Dengan UPFOS, kamu bisa unggah produk secara massal tanpa perlu unggah satu persatu ke marketplace.

Lalu, bagaimana kalau mau unggah produk ke toko di marketplace lain? Bisa menggunakan fitur Salin Produk, jadi kamu tidak perlu upload produk satu persatu lagi.  

UPFOS telah terintegrasi dengan berbagai platform marketplace dan memudahkan penjual online mengelola toko, pesanan, stok barang, gudang, hingga CRM cukup dengan satu sistem saja. 

Melakukan aktivitas operasional yang bisa memakan waktu dapat dipersingkat dengan menggunakan sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menyederhanakan proses penjualan. 

Halaman Daftar Akun Upfos   

Mulai dari mana? Daftarkan saja tokomu dulu GRATIS di  go.upfos.com 

Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko di sini.  

Upfos Indonesia

Landmark Pluit, Tower B2, 8th floor
Jl. Pluit Selatan Raya no. 2, Jakarta Utara
Indonesia 14450

WhatsApp: +62 815-1188-8881
Email: info@upfos.co.id

Resources

Copyright © UPFOS 2022.