Kiat-Kiat Bisnis Untuk Meningkatkan Customer Retention

UPFOS - Kiat-Kiat Bisnis Untuk Meningkatkan Customer Retention

Kiat-Kiat Bisnis Untuk Meningkatkan Customer Retention

Ketika berjualan kamu pasti sudah mempersiapkan segala sesuatu dari produk, marketing, finansial, dan segala sesuatunya dengan matang.

Untuk mencapai hasil yang diinginkan, setiap bisnis pasti memerlukan strategi untuk mendapatkan customer atau pembeli baru dengan berbagai cara menarik baik melalui campaign atau strategi marketing lainnya.

Tetapi dari pada hanya melakukan promosi agar customer mau untuk membeli produk, akan lebih baik jika bisa membangun komunikasi yang lebih baik sejak awal sampai mereka menjadi pelanggan setia yang terus berbelanja di tokomu.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui apa itu customer retention, bagaimana mempertahankan pelanggan setia, dan meningkatkan laba dari customer yang sudah ada.

Apa itu customer retention?

Customer Retention atau Retensi Customer dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan untuk membuat pembeli menjadi langganan dan mencegah customer untuk beralih ke lapak pesaing.

Customer retention bertujuan untuk mendapatkan loyal customer dan memperpanjang lifetime customer value. Fokus pada repeat orders dimana customer atau pembeli yang sudah sering berbelanja akan terus kembali untuk belanja di tokomu.

Berbeda lagi dengan Customer Acquisition atau lead generation yang bertujuan untuk mendapatkan customer baru dan belum pernah berbelanja di tokomu.

UPFOS - customer retention

 

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan customer retention, diantaranya:

Bangun kepercayaan dengan customer

Berdasarkan Hardvard Business Review, usaha untuk mempertahankan customer yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan usaha untuk mendapatkan customer baru. Karena biaya yang dikeluarkan bisa 5 sampai 25 kali lipat lebih mahal daripada mendapatkan customer baru.

Berdasarkan data dari alexa, meningkatkan 5% customer retention rates bisa meningkatkan profit hingga 95%.

Ketika strategi customer retention ini berhasil, secara otomatis kamu juga akan mendapatkan customer loyal.

Komunikasi Dan Rekomendasikan Produk

Jangan sampai komunikasi putus dengan customer yang sudah ada. Bangun komunikasi personal dengan customer agar bisa memberikan rasa kepercayaan dan nyaman. Berikan rekomendasi ke customer yang pernah belanja di tokomu secara regular. Rekomendasikan produk tebaik atau terbaru setiap minggunya.

Mendengarkan feedback dari customer

Tidak semua penjualan akan mulus dengan review positif dari customer. Tetapi bukan berarti review negatif menjadi halangan untuk kamu mengembangkan bisnis. Justru manfaatkan review negative ini sebagai kesempatan untuk mendengarkan apa yang bisa menjadi masukkan dalam meningkatkan pelayanan dan produk yang akan kamu jual kedepannya.

Loyalty Program &  Penawaran Special

Berikan promosi atau penawaran menarik untuk customer yang sudah biasa berbelanja di tokomu. Misalnya memberikan voucher discount khusus untuk customer langgananmu.

Surprise Gift & Referral Program

Customer biasanya senang mendapatkan hadiah di luar ekspektasi. Kamu bisa menyelipkan free gift ketika akan mengirimkan barang pesanan. Bisa juga menggunakan referral program untuk menarik perhatian pembeli.

Benefit lainnya dari customer retention

  • Existing customer akan bertahan lebih lama.
  • Customer akan kembali berbelanja di tokomu.
  • Biasanya customer yang sudah menjadi langganan, lebih berani untuk belanja lebih banyak.
  • Customer yang sudah ada akan merekomendasikan tokomu ke sekitarnya.

Mulai dari mana? Daftarkan tokomu GRATIS di go.upfos.com 

Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko di sini.