Cara Ampuh Dapatkan Ulasan Positif Dari Pelanggan

Cara Ampuh Dapatkan Ulasan Positif Dari Pelanggan

Kamu pemilik bisnis online? Pastinya harus tahu bahwa ulasan positif dari pelanggan sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas toko onlinemu! Akun dengan ulasan positif terbanyak di marketplace, pasti akan lebih dipercaya oleh pembeli dan sudah pasti memberikan profit untuk tokomu!  

Baca juga: Mau jadi Pengusaha Online? 5 Tips yang Harus Kamu Ketahui!

Survei dari ZenDesk menyebutkan bahwa 85 persen pembeli percaya dengan review online yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Dari angka tersebut, 87 persen diantaranya akan rela membagikan pengalaman menyenangkan mereka saat berbelanja ke orang sekitarnya. 

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan jumlah tersebut untuk menyebarluaskan pengalaman positif mereka. Berikut cara ampuh untuk bisa dapat ulasan positif dari pelanggan. 

Judul dan Deskripsi produk yang jelas 

Judul dan deskripsi produk menjadi salah satu elemen penting bagi calon customer. Kamu perlu menjelaskan produkmu dengan sangat deskriptif di kolom tersebut. Jelaskan spesifikasi produkmu, mulai dari merek, model, ukuran, warna, dan fungsinya. 

Selain itu, tambahkan juga beberapa informasi terkait dengan proses pengiriman dan retur saat ada terjadi kesalahan. Hal ini akan membuat pelanggan lebih nyaman dalam memutuskan untuk check out barang di toko onlinemu.  

Tampilkan produkmu dengan foto terbaik 

Pelanggan lebih senang jika kamu, pemilik toko online, mengabadikan langsung produk yang akan dijual. Hadirkan dari beberapa sudut, seperti tampak depan, samping kanan dan kiri, bahkan tampak dari dalam jika diperlukan. Sehingga, mereka akan lebih percaya dengan produk yang ditawarkan. Tips! Foto harus juga dalam resolusi yang pas. Jangan tampilkan foto yang buram karena akan mengurangi kepercayaan pelangganmu loh! 

UPFOS foto produk

Tambahan! Hindari menggunakan foto produk yang kamu ambil dari internet. Selain melanggar hak cipta, pelanggan pun bisa menjadi khawatir barang yang datang tidak sesuai dengan aslinya. 

Setiap pelanggan adalah pelanggan pertamamu 

UPFOS - customer retention

Keberhasilan tokomu tergantung pada pelanggan yang check out produk di toko onlinemu. Usahakan untuk memperlakukan pesanan dengan pendekatan secara pribadi. Sebisa mungkin jagalah komunikasi yang baik dengan para calon pelangganmu. Balas chat mereka secepat mungkin dan juga berikan ucapan “terima kasih” saat mereka telah check out produk dan berikan ulasan.  

Kamu juga bisa atur jadwal operasional toko onlinemu. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pelanggan waktu toko aktif agar tidak membuat pembeli kebingungan kenapa chat tidak dibalas. Namun, pastikan kamu berkomitmen dengan memberikan respon cepat saat jam buka toko. 

Memang terlihat sepele, namun jika kamu melayani dengan hati pasti mereka akan memprioritaskan tokomu dibandingkan toko lainnya pada saat ingin melakukan transaksi berikutnya.  

Melayani setiap pesan masuk dari customer sangat penting sekali agar bisnismu mendapatkan reputasi yang baik. Akan tetapi, mengatur setiap pesan masuk dari platform yang berbeda cukup membuang waktu dan seringkali terjadi miss informasi dan komunikasi di dalam prosesnya.  

Baca juga: Seller Marketplace Wajib Tau! Cara Optimasi Toko yang Baik dan Benar

Upfos-Chat 

Bagaimana jika sudah ada sistem yang membantumu mengakses semua chat yang masuk hanya dalam 1 platform? Tentunya akan jauh lebih mudah dan waktumu juga tidak terbuang percuma! 

Jawabannya ada di dalam sistem UPFOS. 

Upfos-Chat adalah salah satu fitur yang dimiliki UPFOS memudahkanmu untuk memantau dan membalas pesan masuk dari customer di berbagai platform e-commerce berbeda hanya melalui satu sistem. Jadi kamu ga perlu repot-repot membuka satu per satu platform untuk membalas pesan masuk. 

Jualan laris-manis, bisnis makin cuan deh! 

Mulai dari mana? Daftarkan saja tokomu GRATIS di  go.upfos.com

Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko di sini.