Rahasia Mudah Buat e-Katalog untuk Produk
Tahukah kamu? Foto produk merupakan salah satu faktor penting untuk penjualan online.
Sebab, pelanggan tidak langsung bisa melihat dan cek kualitas dari suatu produk secara langsung. Foto yang tertera diandalkan sebagai tolak ukur dari bagus atau tidaknya suatu produk.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh eBay Research Labs, para peneliti menemukan bahwa toko yang menggunakan gambar berkualitas tinggi berpotensi menggandakan tingkat penjualan mereka.
Sebagai seller yang cermat, mengetahui hal ini kamu tidak cukup menyiapkan foto terbaik saja. Melainkan, harus mempersiapkan sebuah e-katalog untuk memudahkan pembeli mencari dan mensortir produk yang mereka butuhkan.
Pada artikel kali ini, UPFOS akan membahas secara lengkap mengenai e-katalog, manfaat, hingga RAHASIA mudah buat e-katalog produk yang pas untuk jualan online!
Apa itu e-Katalog?
Katalog produk memuat informasi mengenai gambar, jenis, harga, keunggulan produk, serta informasi lainnya seperti harga coret ataupun memasukan voucher. Pada awalnya katalog produk dibuat dan dicetak secara fisik sebagai alat promosi yang digunakan untuk bisa disebarluaskan kepada pelanggan.
Namun, pada jaman sekarang masyarakat sudah disuguhkan dengan teknologi yang lebih canggih sehingga katalog sudah dapat disebarkan secara digital dan oleh karena itulah disebut sebagai e-katalog.
Keuntungan menggunakan e-katalog
E-katalog memudahkan kamu untuk memasarkan produk sekaligus mengurangi biaya percetakan.
Kamu dapat menunjukkan seluruh produk dengan cara yang lebih menarik, eksklusif dan tentunya juga lebih canggih. Mengapa lebih canggih? Dikarenakan calon pelanggan dapat mengakses-nya melalui berbagai macam perangkat, seperti Personal Computer (PC), laptop, ataupun smartphone, tentunya dengan memanfaatkan jaringan internet.
Memberikan update tentang informasi terbaru mengenai produk kepada pelanggan menjadi lebih mudah dikarenakan penggunaan internet yang sudah dapat menjangkau ke berbagai daerah.
Jangkauan pelanggan pastinya jadi lebih luas dan akan sangat berguna untuk ekspansi toko online juga. Tentunya, hal ini juga akan menekan biaya promosi dan periklanan.
Hal menarik lainnya adalah kamu juga bisa memasukan URL Link ke toko online kamu di dalam e-katalog. Calon pelanggan dapat langsung klik dan pergi ke laman toko online yang sudah tertera di dalamnya.
Di mana biasanya e-Katalog digunakan?
Sederhananya, katalog akan dibuat dalam format pdf, lalu dapat diupload ke bio link, yang biasanya digunakan mayoritas pebisnis online untuk di berbagai platforms social media seperti di instagram bio. Tujuannya agar pelanggan langsung bisa klik dan melihat produk dengan mudah dan cepat.
Nah, ada beberapa bio link GRATIS yang bisa kamu gunakan untuk memasukan e-katalog kamu. Antara lain:
Kamu juga bisa sebarkan melalui whatsapp, email, atau untuk diberikan kepada calon pembeli agar mereka bisa melihat produk yang mereka inginkan dari toko online kamu.
Kamu juga dapat mengunggah ke beberapa platform seperti AnyFlip, Publitas, Flipsnack dan FlipHTML5. Situs online tersebut dapat membantu untuk menciptakan desain katalog online yang eye-catching dan lebih advance tampilannya.
Mau lebih canggih saat menginformasikan ke pelanggan? Kamu juga bisa mengubah link e-katalogmu menjadi QR barcode, sehingga pelanggan langsung bisa scan dengan mudah.
Rahasia Mudah Membuat E-Katalog
Highlight keunggulan produk
Tips pertama, tempatkan diri kamu sebagai seorang pembeli dan memperkirakan sisi terbaik yang memperlihatkan kelebihan produk. Solusi apa yang ingin kamu dapatkan dari sebuah produk?
Ada baiknya menyiapkan foto produk dari berbagai angle (sisi) apalagi kalo kamu menjual item fashion.
Pastikan keunggulan dari produk yang ditawarkan dapat terlihat jelas dan mudah dipahami oleh pembeli.
Gunakan foto dengan kualitas terbaik
Ketika kamu sedang memotret produk pastikan pencahayaan dalam kondisi yang baik, sehingga bisa meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh.
Selain itu, gunakan juga aplikasi editing foto untuk menunjang performa produk yang akan kamu jual. Namun, perhatikan jangan sampai proses editing tersebut berbeda dengan wujud asli dari produk.
Desain e-katalog secara menarik
Buatlah desain katalog sesuai dengan ciri khas dari toko online kamu.
Tidak cuma berisi penjelasan teks, harga, dan gambar saja tapi perlu memperhatikan estetika agar orang-orang tertarik melihat e-katalog milikmu.
Kamu bisa desain katalogmu melalui Adobe Indesign, atau jika ingin MUDAH dan GRATIS bisa gunakan Canva, aplikasi berbasis SaaS. Terlebih lagi Canva sudah menyediakan template yang bisa digunakan. Setelah selesai, kamu bisa langsung mengunduh file langsung dalam format pdf.
Upload ke Bio Link
Hal terakhir adalah upload file pdf katalog kamu ke bio link.
Seperti foto di atas, kamu bisa gabungkan e-katalog dengan link lainnya yang berhubungan dengan jualanmu. Yang terpenting, kamu juga bisa memasukan toko onlinemu yang ada di berbagai marketplace.
Mau upload produk secara massal di seluruh Channel Penjualan Online?
Kamu sudah mengetahui apa itu e-katalog dan rahasia mudah membuatnya, serta distriubsi e-katalog yang tepat untuk meningkatkan performa jualanmu. Sekarang, tinggal upload produk ke marketplace.
Tapi… bingung kalau harus upload satu persatu? Sekarang tidak perlu khawatir karena sudah ada UPFOS!
Dengan UPFOS, kamu bisa unggah produk secara massal tanpa perlu unggah satu persatu ke marketplace.
Lalu, bagaimana kalau mau unggah produk ke toko di marketplace lain? Bisa menggunakan fitur Salin Produk, jadi kamu tidak perlu upload produk satu persatu lagi.
UPFOS telah terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan memudahkan penjual online mengelola toko, pesanan, stok barang, gudang, hingga CRM cukup dengan satu sistem saja.
Melakukan aktivitas operasional yang bisa memakan waktu dapat dipersingkat dengan menggunakan sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menyederhanakan proses penjualan.

Tunggu apalagi? Daftarkan saja tokomu dulu GRATIS di go.upfos.com
Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko di sini.