UPFOS- 6 Tipe Call To Action

6 Tipe Call To Action Paling Populer!

Mau toko onlinemu cuan? Pastikan kamu memilih Call To Action yang persuasive dan tepat, ya! Nah, untuk itu UPFOS akan bagikan tipe-tipe CTA yang harus kamu ketahui supaya landing page kamu tambah menarik. 

Dilansir dari laman Hubspot, terdapat beberapa jenis Call to action (CTA) yang harus kamu ketahui, yaitu: 

Lead Generation 

Dikutip dari laman Lead Squared, leads adalah salah satu istilah di dalam dunia marketing yang mampu menggambarkan sekelompok orang ataupun perusahaan yang tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh bisnismu. 

Mereka menunjukkannya dengan memasukkan data diri mereka, seperti email, nomor handphone, dll. Untuk jenis CTA yang bertujuan untuk menggaet pengunjung menjadi lead tersebut, Anda harus mampu menempatkan pada tempat yang sangat jelas. 

Dalam kasus ini, Kamu harus memastikan CTA terlihat jelas saat mereka sedang membuka website ataupun membaca blogmu. Baik itu dengan menggunakan pop-up banner di sisi halaman, atau dengan menggunakan tulisan sign up now yang besar. 

Sehingga, pengunjung akan tahu bahwa dengan mengklik tombol tersebut, mereka akan diarahkan pada landing page untuk melakukan pendaftaran. 

Tombol “Baca selengkapnya” 

Tidak selamanya CTA harus selalu menghasilkan lead yang berujung pada mendaftarkan diri atau membeli produk. Baca Selengkapnya atau Read More bisa jadi alternatif pilihan yang akan diarahkan langsung pada artikel yang ada di dalam blogmu. 

Pada halaman depan blog, pasti tidak semua artikel bisa ditampilkan secara penuh. Oleh karena itu, tombol baca selengkapnya ini memiliki peranan yang sangat penting, sehingga pengunjung bisa eksplor lebih dalam tentang artikelmu dan statistik traffic pada halaman tersebut akhirnya akan meningkat. 

Penawaran Produk dan Jasa  

Umumnya, CTA ini berbentuk yang di dalamnya berisi tulisan “buy now” atau “daftarkan diri Anda sekarang juga!” 

Penempatan jenis CTA ini harus sangat jelas dan penggunaan berbagai katanya juga harus mewakili apa yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Social Sharing 

Berfungsi untuk membagikan artikel/ konten lainnya ke media sosial. Kamu bisa menempatkan CTA ini pada akhir artikel dengan menggunakan tulisan “bagikan artikel ini di media sosial”, atau tulisan lainnya. 

Jenis CTA yang satu ini juga bisa dibuat muncul secara otomatis saat ada pengunjung yang ingin menyalin kalimat dari konten website milikmu. 

Gunakan logo Instagram, Twitter, Facebook, atau WhatsApp agar setiap pengunjung bisa memilih sendiri media sosial mana yang akan mereka gunakan untuk menyebarkan artikel milikmu.  

Promosi Acara 

Jenis CTA selanjutnya adalah mempromosikan acara yang akan diadakan oleh perusahaanmu, baik itu acara luring atau acara daring. Agar bisa terlihat, maka tempatkanlah CTA pada halaman dashboard, login, atau tempat lain yang sering dilihat oleh pengunjung. 

Pengisian Formulir 

Jenis yang satu ini biasanya diterapkan di sebuah website yang memiliki formulir. Nah, penggunaan bagian inilah yang sangat penting dan ini adalah bagian dari CTA. Sehingga dengan menambahkan CTA, pengunjung akan bersedia memasukan data dirinya. 

Maka dari itu penempatan CTA harus tepat, CTA harus menggunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian dan minat orang untuk klik tombol tersebut. 

Tujuan dari adanya CTA untuk menginstruksikan audiens tentang hal yang harus dilakukan selanjutnya, mendorong mereka untuk mengambil tindakan segera. Kalau kamu sudah jago dalam memilih CTA yang tepat, saatnya kamu mengelola bisnis online secara omnichannel. Lebih mudah dan PRAKTIS

 

UPFOS 

Sistem omnichannel untuk membantu mengelola semua toko dari website dan berbagai marketplace. UPFOS yang sudah terhubung ke berbagai platform marketplace ternama di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, JD.ID, Bukalapak, TikTok Shop, Akulaku dan webstore Shopify.  

UPFOS juga menyediakan fitur manajemen lengkap untuk membantu para pemilik bisnis online untuk mengelola pesanan, toko, produk, stok barang, hinga customer relations hanya dalam satu dasbor. 

Jadi, UPFOS bisa jadi solusi kamu yang ingin memulai berbisnis online, one stop solution for you! 

Halaman Daftar Akun Upfos

Mulai dari mana? Daftarkan saja tokomu dulu di go.upfos.com (GRATIS loh!) 

Bingung daftarnya? Cek cara daftar toko disini. 

Upfos Indonesia

Landmark Pluit, Tower B2, 8th floor
Jl. Pluit Selatan Raya no. 2, Jakarta Utara
Indonesia 14450

WhatsApp: +62 815-1188-8881
Email: info@upfos.co.id

Resources

Copyright © UPFOS 2022.